web analytics

Penyebab Laptop Blank Hitam Tapi Hidup yang Wajib Kalian Ketahui

1 min read

Penyebab Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Ada beberapa faktor penyebab laptop blank hitam tapi hidup. Terkadang kita pernah mengalami kondisi dimana laptop dalam kondisi menyala, tetapi di layar tidak muncul apa-apa alias blank.  Kondisi ini tentu sangat mengganggu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya teman-teman terlebih dahulu mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab laptop blank hitam tapi hidup. Berikut ini penjelasannya dari Maksil.

1. Laptop Terlalu Panas

Mengapa laptop bisa menjadi terlalu panas? Ada kemungkinan kalian sering menggunakan laptop di atas bantal. Selain bantal, bisa juga karena digunakan di atas karpet.

Intinya, kalian sering menggunakan laptop di atas benda-benda yang bersifat menyerap panas.

Laptop sendiri memiliki lubang pembuangan untuk mengeluarkan panas. Lubang ini terletak di bagian bawah samping laptop.

Nah, apabila kalian meletakkannya di tempat yang menyerap panas, misalnya beralaskan bantal, panas yang keluar dari laptop akan diserap oleh alas tersebut. Lama kelamaan, panas akan tersebar di seluruh permukaan alas dan akhirnya panas berbalik ke bagian bawah laptop.

Panas yang tidak terbuang secara optimal ditambah panas yang berbalik sebagai akibat alas yang panas menyebabkan laptop menjadi overheat.

Laptop yang terlalu panas akan berakibat pada kinerja laptop yang menjadi lambat atau bahkan mati secara tiba-tiba.

Untuk mencegah terjadinya hal ini, sebaiknya teman-teman tidak menggunakan laptop beralaskan bahan-bahan yang menyerap panas.

Kalian bisa menggunakan meja yang memiliki permukaan datar. Atau, akan lebih baik lagi jika kalian menggunakan meja khusus laptop yang memiliki fan atau kipas.

Selain terhindar dari panas yang berbalik, penggunaan alas yang tepat bisa mengoptimalkan proses pembuangan panas dari laptop kalian.

2. Baterai Laptop Habis Tidak Langsung di Charge

Penyebab laptop blank hitam tapi hidup yang selanjutnya adalah baterai yang tidak langsung diisi dayanya ketika habis. Biasanya laptop tersebut akan mengalami mesin menyala, tapi layarnya tidak tampil.

Masalah yang satu ini memang kelihatan sepele. Namun, sering terjadi kita malas mengisi daya saat baterai laptop sudah lowbat.

Oleh karena itu, tindakan pencegahannya adalah sebaiknya saat baterai laptop sudah low, segera lakukan charge. Jangan menunggu baterai untuk habis sepenuhnya.

3. Kinerja RAM Tidak Maksimal

RAM juga berpengaruh karena laptop kalian apabila aplikasinya banyak maka kinerja RAM juga akan bertambah berat. Beratnya kinerja RAM akan berpengaruh juga pada kinerja laptop yang menjadi lemot.

Selain banyaknya aplikasi yang digunakan, bisa juga disebabkan karena adanya kotoran yang masuk ke mesin. Kotoran atau debu yang menempel pada mesin dapat menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat.

Solusinya, kalian bisa membersihkan RAM dengan cara membongkar casing laptop terlebih dahulu.

4. Laptop Terhimpit atau Terkena Guncangan

Sebenarnya guncangan pada laptop ini tidak berpengaruh banyak. Meskipun kemungkinannya kecil, namun kita juga tidak bisa menampikkannya. Kemungkinan ini bisa terjadi untuk teman-teman yang biasanya membawa laptop di tas ransel.

Laptop bisa saja terhimpit oleh barang-barang lain yang teman-teman bawa sekaligus terguncang di perjalanan.

Sebaiknya teman-teman menggunakan tas khusus laptop dan terpisah dari barang bawaan lain untuk menghindari kemungkinan ini.

Baiklah teman-teman, itulah tadi beberapa penyebab laptop blank hitam tapi hidup yang sering terjadi. Setelah mengetahui penyebabnya, kini kalian dapat memilih cara yang tepat untuk memperbaikinya.

Agar lebih jelas, kalian bisa membaca artikel dari Maksil.com berikut mengenai cara mengatasi laptop blank tapi hidup.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

One Reply to “Penyebab Laptop Blank Hitam Tapi Hidup yang Wajib Kalian…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *