web analytics

Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dengan Mudah

2 min read

Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dengan Mudah

Kehilangan file di laptop tanpa disengaja memang menyebalkan. Apalagi file tersebut sangat penting. Sudah coba cari di folder manapun tidak ketemu.

Teman-teman tak perlu khawatir jika mengalami masalah tersebut. Sebab, cara mengembalikan file yang terhapus di laptop cukup mudah.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop

Mungkin teman-teman mengira apabila file sudah terhapus maka sudah pasti kalian kehilangan file tersebut 100 persen.

Sebaiknya teman-teman tidak patah semangat dulu karena ada langkah jitu untuk mengembalikan file yang sudah terhapus tersebut.

Ikuti beberapa cara dari Maksil berikut

1. Restore dari Recycle Bin

File yang kalian hapus atau tidak sengaja terhapus sebetulnya tidak langsung hilang permanen. File ini akan terlebih dahulu singgah di folder recycle bin.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika teman-teman coba dulu cek di bagian recycle bin laptop teman-teman

  1. Buka Folder Recycle Bin. Biasanya shortcutnya ada di desktop. Kalian juga bisa menemukan recycle bin di file explorer di bawah This PC.
  2. Jika kalian menemukan file yang kalian cari, silahkan blok file tersebut.
  3. Klik kanan lalu pilih restore.
  4. File telah berhasil kembali ke folder awal sebelum dihapus.

2. Menggunakan Aplikasi Recoverit

Apabila setelah teman-teman mengecek folder recycle bin ternyata file yang dicari tidak ada, itu berarti file telah terhapus secara permanen. Namun, kalian juga tak perlu khawatir dengan kondisi ini karena file masih bisa untuk dikembalikan.

Untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop, kalian perlu aplikasi tambahan, yaitu Recoverit dari Wondershare.

Software ini gratis, tetapi ada juga yang versi berbayarnya. Tentu akan lebih baik jika kalian menggunakan versi pro atau berbayar. Namun, menurut Maksil versi gratis pun sudah cukup tergantung dengan kebutuhan teman-teman.

  1. Download softawere Recoverit terlebih dahulu
  2. Setelah download, silahkan install software tersebut. Ikuti proses instalasi sampai selesai.
  3. Setelah selesai install akan muncul tombol Start now. Klik pada pilihan tersebut.
  4. Pilih partisi tempat file yang ingin kalian kembalikan. Misalnya di drive D, drive C, atau di eksternal device seperti flashdisk. Lalu klik Start.
Pilih Partisi
Pilih Partisi
  1. Supaya proses recovery tidak terlalu berat, kalian bisa pilih jenis file tertentu yang dibaca oleh software dengan memilih di drop down menu Show all files. Kalian juga bisa mengatur rentang waktu berdasarkan file yang hilang di bagian File modified date. Kemudian klik Recover di bagian kanan bawah. Tunggu sampai proses scanning partisi selesai.
Atur Jenis File dan Rentang Waktu
Atur Jenis File dan Rentang Waktu
  1. Setelah proses scanning selesai, akan muncul file-file yang terhapus dari partisi yang kalian pilih. Cari dan pilih file yang ingin kalian kembalikan. Setelah itu klik tombol Recover di bagian kanan bawah.
  2. Apabila kalian menggunakan versi gratis, akan muncul pop up ajakan untuk upgrade ke versi pro dari developer. Untuk versi gratis memang ukuran file yang bisa direcover dibatasi maksimal 100mb. Sementara itu untuk versi pro, besar file bisa unlimited. Jika masih dibawah 100 mb, silahkan kalian tinggal klik saja tombol Recover. Tidak perlu untuk upgrade ke versi berbayar.
  3. Pilih partisi tempat file yang direcover akan disimpan lalu klik lagi Recover.
Pilih Lokasi Penyimpanan
Pilih Lokasi Penyimpanan
  1. Akan muncul jendela baru tempat file kalian disimpan. Cara mengembalikan file yang hilang di laptop telah selesai. Silahkan kalian cek file tersebut.

Penyebab File Hilang di Laptop

Seringkali kita bertanya-tanya mengapa file kita bisa hilang secara misterius. Berikut ini penyebab mengapa file di laptop bisa hilang atau terhapus secara permanen.

1. Tidak Sengaja Terhapus

Meskipun terdengar konyol, namun penyebab yang satu ini cukup sering terjadi. Kadang kita tidak sadar menghapus file yang tidak semestinya.

Atau, bisa juga kita tidak sengaja menekan tombol delete pada keyboard. Untuk mencegah hal ini kalian bisa menghidupkan pengaturan delete confirmation.

Caranya, buka recycle bin > klik kanan > klik properties > centang kolom display delete confirmation dialog.

2. Terkena Virus

Virus juga bisa menjadi penyebab hilangnya file teman-teman. Untuk mencegah hal ini terjadi, selalu gunakan antivirus asli dan lakukan update antivirus secara berkala. Kalian juga perlu melakukan scanning virus pada laptop kalian secara berkala.

Apabila file kalian hilang terkena virus, kalian bisa coba cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop.

3. Install Ulang Windows

Penyebab lainnya adalah karena install ulang operating system laptop kalian. Untuk mencegah hal ini, pastikan kalian melakukan back up data terlebih dahulu sebelum melakukan install ulang.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di laptop.

Perlu diketahui bahwa cara ini tidak 100 persen berhasil tergantung dari umur file tersebut dan faktor apakah windows teman-teman sudah pernah di install ulang atau belum.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *