web analytics

Inilah Beberapa Fungsi Firewall Pada Jaringan Voip

2 min read

Fungsi Firewall Pada Jaringan VOIP

Apa saja fungsi firewall pada jaringan voip? Jaringan voice over internet protocol atau yang biasa disebut dengan jaringan VOIP adalah suatu jaringan penyedia layanan internet multimedia. Struktur pada jaringan Voip lebih rumit dibandingkan dengan jaringan komputer.

Untuk mengamankan jaringan Voip, dibutuhkan pengaktifan firewall karena beberapa fungsi firewall pada jaringan Voip sangat diperlukan dalam pengamanan jaringan tersebut.

Apa Saja Fungsi Firewall pada Jaringan Voip

Firewall merupakan sistem yang memiliki kegunaan sebagai pelindung dari berbagai serangan dari luar sistem komputer.

Data-data pada komputer atau server web pasti terlindungi oleh adanya firewall karena tidak akan dapat diakses di internet oleh pihak lain. Sehingga firewall sangat dibutuhkan untuk pertahanan jaringan Voip supaya aman dan terlindungi. Adapun Maksil telah merangkum beberapa fungsinya, yaitu berikut ini:

1. Mencegah Terjadinya Hacking Terhadap Informasi Pengguna

Firewall berfungsi untuk menjaga segala informasi pengguna yang bersifat rahasia. Hal ini tentu akan mencegah terjadinya hacking terhadap informasi para pengguna.

Hacking sendiri dibagi menjadi tiga macam yakni deface, carding, dan phising. Ketiga aktifitas hacking tersebut tidak akan terjadi apabila jaringan Voip dilindungi oleh adanya firewall.

Deface adalah tindakan memodifikasi website yang dilakukan secara illegal oleh pihak luar. Carding merupakan aktivitas mencuri identitas untuk keperluan perbankan yang mencurigakan. Kemudian phising merupakan aktifitas orang yang tidak memiliki kewenangan dengan melakukan pemalsuan data pelanggan.

2. Mengontrol, Mengatur, dan Memfilter Lalu Lintas Paket Data Pada Jaringan

Fungsi firewall pada jaringan Voip juga dapat melakukan pencatatan dan perekaman segala aktifitas maupun lalu lintas paket data pada jaringan. Sehingga firewall mampu mendeteksi adanya percobaan pada jaringan yang akan dibajak oleh pihak yang tidak berwenang.

Firewall mampu melindungi jaringan Voip agar selalu terjaga keamanannya. Dalam hal ini, firewall melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap paket data yang mengalir di jaringan Voip.

Oleh karena itu, firewall dapat memfilter, mengontrol, dan mengatur lalu lintas data yang menggunakan akses jaringan privat dalam perlindungan firewall sehingga hanya paket data yang diizinkan saja yang bisa melakukan aktivitas tersebut.

3. Melakukan Deteksi Dini Agar Terhindar Dari Ancaman

Firewall mampu melakukan deteksi dini terhadap segala aktivitas yang terjadi pada jaringan Voip. Firewall akan melakukan pencatatan atas setiap aktifitas transaksi yang terjadi. Dengan deteksi dini yang dilakukan oleh firewall, maka peluang ancaman dapat dimimalisir.

Fungsi firewall pada jaringan Voip ini juga dapat melakukan identifikasi ancaman berbahaya. Ancaman berbahaya seperti modifikasi data, interupsi data, fabrikasi data, intersepsi data, maupun serangan hacker, malware dan lain sebagainya dapat dicegah oleh firewall.

Dengan perlindungan dari firewall, maka segala bentuk ancaman maupun serangan dapat dideteksi lebih dini dan kemungkinan penjebolan jaringan dapat diminimalisir dengan baik.

4. Melakukan Deteksi Pada Protokol Aplikasi

Firewall dapat melakukan pemeriksaan terhadap header pada paket data. Aktifitas firewall tersebut dapat membantu mendeteksi secara spesifik berbagai protokol aplikasi yang terjadi.

Hal ini membuat aplikasi yang mencurigakan dapat dicegah supaya berbagai ancaman yang dibawa oleh aplikasi tertentu tidak dapat masuk ke dalam jaringan Voip.

5. Melakukan Autentifikasi Terhadap Akses

Dengan adanya firewall, maka segala akses pada jaringan Voip akan diperiksa terlebih dahulu.

Firewall akan melakukan pemeriksaan terhadap jaringan sehingga keamanan maupun ancaman yang masuk ke komputer melalui jaringan yang terhubung bisa dilakukan autentifikasi dahulu sebelum masuk.

Oleh karena itu, akses yang terjadi bisa dilihat aman atau tidaknya.

Sistem yang dianggap aman akan diberi izin akses untuk masuk ke komputer oleh firewall. Namun sebaliknya, apabila sistem yang masuk ke komputer dideteksi oleh firewall sebagai ancaman, maka firewall tidak akan memberikan izin akses untuk masuk sehingga akses sistem tersebut akan diblokir oleh firewall agar tidak membahayakan jaringan pada komputer.

Beberapa fungsi firewall pada jaringan Voip di atas merupakan suatu langkah keharusan untuk melakukan pengaktifan firewall supaya jaringan Voip terlindungi dari segala macam ancaman yang dapat membahayakan.

Dengan melihat beberapa fungsi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa firewall berperan penting dalam menjaga jaringan Voip supaya keamanan jaringan selalu terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *