web analytics

Cara Mengunci Folder di Laptop

1 min read

Cara Mengunci Folder Di Laptop

Merupakan sebuah hal yang wajar apabila di laptop teman-teman terdapat file yang sifatnya rahasia. Apabila kalian hanya menyimpan begitu saja file tersebut, tentunya akan sangat tidak aman karena dapat diakses oleh orang lain. Oleh karena itu, teman-teman perlu tahu bagaimana cara mengunci folder di laptop agar file rahasia teman-teman terjamin keamanannya dari tangan-tangan yang tak bertanggung jawab.

Ada beberapa metode yang bisa dipakai sebagai cara mengunci folder di laptop dengan kata sandi. Yuk kita simak pembahasannya berikut.

Menggunakan Anvi Folder Locker

Metode yang pertama adalah menggunakan aplikasi tambahan gratis bernama Anvi Folder Locker.

Menggunakan Anvi Folder Locker
Menggunakan Anvi Folder Locker
  1. Download Anvi Folder Locker secara gratis di sini. Setelah itu, silahkan install aplikasi tersebut.
  2. Setelah berhasil di install, buka aplikasi Anvi Folder Locker.
  3. Akan muncul jendela baru yang mengharuskan teman-teman untuk membuat password master baru. Password ini nantinya akan menjadi kata sandi ketika teman-teman mau masuk ke dalam aplikasi Anvi. Silahkan teman-teman isi kolom yang tersedia, meliputi kolom password dan alamat email.
  4. Klik tombol Add di sebelah kanan atas jendela aplikasi Anvi.
  5. Cari dan pilih folder yang ingin kalian kunci. Setelah itu, klik Open.
  6. Secara default, protection method yang berlaku adalah Hide and Lock. Silahkan teman-teman ubah protection method nya menjadi Password.
  7. Selanjutnya teman-teman bisa pilih apakah password pada folder mau disamakan dengan password master (password yang telah kalian buat di langkah ke 3) atau membuat password baru yang berbeda dengan password master. Jika memilih opsi yang ke dua, silahkan pilih Custom password. Silahkan masukkan password yang kalian suka. Untuk kolom hint boleh dikosongkan atau diisi dengan petunjuk yang dapat mengingatkan kalian apabila lupa password.
  8. Klik OK dan folder berhasil terkunci.

Jika teman-teman ingin menghilangkan proteksi password pada folder, kalian cukup mengubah Protection method nya menjadi unprotected.

Menggunakan Winrar

Cara mengunci folder di komputer berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Winrar. Aplikasi Winrar ini sudah sering ditemui di hampir di semua laptop atau komputer. Mungkin saja Winrar sudah terinstall juga di laptop kalian sehingga kalian tidak perlu download aplikasi ini.

Menggunakan Winrar
Menggunakan Winrar

Penggunaan aplikasi arsip ini dalam mengunci folder juga sangat mudah. Berikut ini langkah yang dapat kalian ikuti

  1. Cari folder yang ingin teman-teman kunci. Klik mouse kanan pada folder tersebut lalu pilih opsi Add to archive. Apabila di laptop kalian tidak ada pilihan ini maka kemungkinan aplikasi Winrar belum terpasang.
  2. Pilih Set password di bagian kanan bawah jendela Winrar.
  3. Isi kolom yang Enter password dan Reenter password. Isi kolom tersebut dengan kata sandi yang kalian inginkan.
  4. File RAR kalian berhasil terkunci.

Nah teman-teman, itulah tadi cara mengunci folder di laptop windows 10. Mudah banget kan caranya?

Sebetulnya kalian juga bisa mengunci folder tanpa menggunakan aplikasi, tetapi caranya memang lebih ribet karena berkaitan dengan coding. Maksil merekomendasikan teman-teman tetap menggunakan aplikasi karena lebih user friendly.

Selamat mencoba!

One Reply to “Cara Mengunci Folder di Laptop”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *