web analytics

Cari Tahu Cara Menghilangkan Virus di Laptop, Ini Solusinya

2 min read

Cara Menghilangkan Virus Di Laptop

Pasti banyak dari teman-teman yang bertanya tentang bagaimana cara menghilangkan virus di laptop? Hal ini wajar karena keadaan tersebut rentan terjadi. Terlebih perangkat yang memiliki koneksi langsung dengan internet berpotensi untuk terserang oleh virus.

Jika ini dibiarkan tentunya berbahaya terhadap beberapa komponen di dalamnya termasuk dokumen-dokumen penting.  

Inilah Cara Menghilangkan Virus di Laptop

1. Gunakan Safe Mode

Cara menghilangkan virus di laptop rekomendasi pertama yaitu dengan safe mode. Menjadi alternatif untuk melakukan upaya perlindungan saat melakukan penghapusan virus. 

Proses bisa dilakukan dengan reboot PC. Bagaimana penerapannya, simak langkah berikut:

  1. Pertama restart laptop
  2. Kemudian tekan tombol F8 sebelum windows masuk ke halaman log in
  3. Pilih Advanced Boot option > Safe mode with networking, pastikan koneksi masih terputus.

2. Pindai Virus

Selain upaya masuk safe mode, bisa juga menghilangkan virus dengan melakukan pemindaian. Caranya bagaimana? Gunakan atau aktifkan software antivirus, alternatif keamanan untuk internet yang dimiliki.

Penggunaannya bisa dilakukan dengan langsung memilih menu terkait dan menjalankan secara otomatis sembari menunggu hasil pindaiannya.

3. Manfaatkan Penggunaan Task Manager

Tahukah Anda jika banyak sekali penyebab virus masuk berasal dari aplikasi yang diinstall dari internet. Memang jenis ini tidak terlalu bahaya, namun juga tidak baik jika dibiarkan.

Karena cara kerjanya di belakang layar, tentu memberikan dampak pada kinerja sistemnya.

Mengatasinya bisa dilakukan dengan aplikasi bawaan dari windows yaitu Task Manager, caranya:

  1. Tekan tombol ctrl + alt + del secara bersamaan
  2. Pilih Task Manager
  3. Pilih aplikasi yang menurut kalian menjadi masalah
  4. Klik End Proces.

4. Pasang Antivirus

Upaya ini dianggap paling umum dan banyak dilakukan untuk mengatasi permasalahan terkait serangan virus pada komputer ataupun laptop.

Banyak sekali jenisnya, bisa dipilih sesuai dengan kehendak dan dianggap paling ampuh. Penggunaan jenis Pro ataupun premium lebih direkomendasikan. Namun, juga ada yang versi gratisan untuk dipilih.

5. Hapus Aplikasi

Biasanya virus dibawa oleh aplikasi dalam program komputer yang sudah terinstall. Bagaimana cara mengetahuinya? Gampang sekali, caranya sebagai berikut

  1. Masuk ke pilihan control panel
  2. Kemudian klik atau pilih menu Program dan Features.
  3. Setelah itu, cari aplikasi mana yang mencurigakan dan dianggap sebagai pembawa penyakit. Saat ketemu, klik kanan, dan lakukan pencopotan atau uninstall.

Ciri-Ciri Laptop Terkena Virus

Selain mengetahui cara menghilangkan virus di laptop, juga penting untuk dipahami mengenai ciri-ciri terinfeksi oleh virus. Untuk lebih detailnya, simak penjabaran di bawah ini.

1. Muncul Banyak Pop-Up  

Mungkin akan ada yang bertanya, bagaimana cara mengetahui sebuah laptop terinfeksi oleh virus, jawabannya tentu ada beberapa pertanda yang tidak semestinya seperti banyak Pop-Up.

Teman-teman mungkin pernah mengalaminya, saat mengaktifkan komputer tiba-tiba banyak bermunculan Pop-Up iklan tidak terduga-duga. Saat terjadi perlu berhati-hati karena bisa jadi ada malware yang bersembunyi.

Nah apabila memang benar bermunculan iklan pop up di desktop, kalian bisa mengatasinya. Selengkapnya bisa dibaca melalui artikel Cara Menghilangkan Iklan di Laptop.

2. Performa Kinerja Sistem pada Laptop Menjadi Lambat

Pernahkah tiba-tiba kinerja dari laptop menjadi sangat lambat dan mengganggu? Jika itu terjadi patut curiga akan keberadaan virus di dalamnya. Namun, sebelum itu pastikan untuk memeriksa bagian RAM ataupun Hardisknya.

Jika tidak terlihat mencurigakan, dan tidak ada yang sedang rusak, maka sudah dipastikan bisa disebabkan oleh kerja dari infeksi virus.

3. File Hilang

Mungkin ada beberapa yang tiba-tiba kehilangan file di dalam komputer tanpa pernah merasa menghapus sebelumnya. Jika terjadi seperti itu, bisa jadi indikasi dari infeksi virus.

Beberapa jenis memiliki kemampuan atau pengaruh dalam penghapusan dokumen atau data serta beberapa program terinstall di perangkat. Untuk itulah penting melakukan backup rutin, agar kemungkinan tersebut tidak terjadi.

Namun apabila file kalian sudah terlanjur terhapus, kalian bisa coba Cara Mengembalikan File Yang Terkena Virus Di Laptop.

4. Terdapat Sebuah Pesan Error

Hal ini bisa saja terjadi bersamaan dengan aktivitas sistem yang tiba-tiba mati dan menutup otomatis saat sedang berjalan. Pesan error kemudian muncul sebagai tanda yang mengikutinya.

Jika hal ini terjadi di laptop, sudah dipastikan bahwa terdapat sebuah virus yang menginfeksi.

5. Email Diretas

Biasanya sistem laptop berjalan dan terkoneksi dengan email pengguna sebagai penyimpanan cadangan. Tanda ini terjadi berupa laporan pembajakan dan teman akan menerima pesan yang tidak dikirim oleh kalian secara langsung dengan link tautan. Dari situ maka sudah pasti ada virus yang menginfeksi.

Setiap perangkat teknologi yang terhubung dengan koneksi internet tentu memiliki banyak potensi kerusakan bagian dalam karena serangan virus.

Di atas merupakan beberapa rekomendasi cara menghilangkan virus di laptop, bisa diterapkan untuk mengatasinya. Membiarkan berlarut-larut tentu tidak baik, karena bisa menimbulkan kerusakan lebih parah.

Selamat mencoba!

2 Replies to “Cari Tahu Cara Menghilangkan Virus di Laptop, Ini Solusinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *