web analytics

Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

2 min read

Cara Menghilangkan Iklan Di Laptop

Mungkin teman-teman pernah mengalami ketika sedang asyik browsing-browsing atau berselancar di internet tiba-tiba muncul pop up iklan di layar desktop teman-teman. Tentunya hal ini sangat mengganggu apalagi jika iklan yang muncul agak vulgar.

Nah teman-teman tidak perlu khawatir karena cara menghilangkan iklan di laptop sangatlah mudah. Teman-teman juga tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk melakukan hal tersebut. Yuk simak langkahnya dibawah ini.

Cara Menghapus Iklan di Komputer

Ikuti langkah berikut ini untuk menghilangkan sekaligus memblokir iklan secara permanen.

    1. Ketika ada iklan pop up yang muncul di layar laptop teman-teman, klik ikon gear (⚙️) yang terdapat di pojok kanan atas iklan tersebut. Apabila tidak ada ikon tersebut, teman-teman bisa klik ikon titik tiga () di pojok kanan atas browser kalian.

      Klik Ikon Titik Tiga Di Browser
      Klik Ikon Titik Tiga Di Browser
    2. Klik settings atau pengaturan.

      Klik Settings Atau Pengaturan
      Klik Settings Atau Pengaturan
    3. Scroll ke bawah lalu klik advanced atau lanjutan.

      Klik Advanced Atau Lanjutan
      Klik Advanced Atau Lanjutan
    4. Klik site settings atau setelan situs.

      Klik Site Settings Atau Setelan Situs
      Klik Site Settings Atau Setelan Situs
    5. Klik notifications atau notifikasi.

      Klik Notifications Atau Notifikasi
      Klik Notifications Atau Notifikasi
    6. Nah kemudian akan muncul daftar website, baik yang telah teman-teman blokir/block maupun yang teman-teman izinkan/allow untuk ditampilkan notifikasinya.
    7. Selanjutnya silahkan teman-teman cari website yang masih menampilkan iklan. Website tersebut dapat ditemukan di bawah “izinkan/allow“.
    8. Apabila teman-teman sudah menemukan website tersebut, silahkan klik ikon titik tiga () di sebelah kanan nama web tersebut.

      Klik Ikon Titik Tiga Di Samping Nama Web
      Klik Ikon Titik Tiga Di Samping Nama Web
    9. Klik block atau blokir. Seharusnya setelah langkah tadi, iklan pop up sudah tidak muncul lagi. Namun, apabila iklan masih muncul, lakukan langkah lanjutan berikut.

      Klik Block Atau Blokir
      Klik Block Atau Blokir
    10. Kembali ke halaman sebelumnya dengan klik tombol panah (←) di pojok kiri atas.

      Klik Tombol Panah
      Klik Tombol Panah
    11. Scroll ke bawah ke bagian content atau konten, kemudian pilih pop-ups and redirects atau pop-up dan pengalihan.

      Klik Pop Up Dan Pengalihan
      Klik Pop Up Dan Pengalihan
    12. Lalu klik tombol di sebelah kanan untuk mengaktifkan blokir.

      Klik Tombol Untuk Mengaktifkan
      Klik Tombol Untuk Mengaktifkan
    13. Kembali ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol panah (←) di pojok kiri atas. Kemudian pilih “ads” atau “iklan”.

      Klik Ads Atau Iklan
      Klik Ads Atau Iklan
    14. Klik tombol yang ada di samping kanan untuk mengaktifkan blokir.

      Klik Untuk Aktifkan Blokir
      Klik Untuk Aktifkan Blokir
    15. Proses blokir selesai. Sekarang laptop teman-teman sudah terbebas dari iklan pop up yang mengganggu.

Nah teman-teman, itulah tadi cara menghilangkan iklan di google chrome laptop. Langkah ini terbilang cukup mudah karena tidak perlu aplikasi tambahan ataupun melakukan install ulang windows pada laptop atau komputer teman-teman.

Mungkin teman-teman bertanya, “Kok bisa ya muncul iklan begini di laptop saya?”. Untuk menjawab pertanyaan teman-teman tersebut, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Munculnya Iklan di Laptop atau Komputer

Ada beberapa sebab mengapa terdapat iklan pop up yang muncul di laptop atau komputer teman-teman. Diantaranya adaah sebagai berikut.

1. Subscribe Halaman Suatu Website

Penyebab yang pertama ini merupakan sebab yang sering terjadi. Ketika teman-teman sedang asyik browsing di sebuah website, tanpa kita sadari web tersebut mengirimkan permintaan agar teman-teman melakukan subscribe. 

Selain itu, website juga meminta izin pada sistem laptop teman-teman agar dapat mengirimkan notifikasi. Banyak dari kita yang tidak peduli pada permintaan tersebut sehingga dengan tidak sadar teman-teman hanya klik “ok” atau “izinkan” saja supaya cepat.

Akibatnya, sistem laptop mengizinkan halaman web tersebut mengirimkan notifikasi iklan ke desktop laptop teman-teman. Cara menghilangkan iklan di laptop pada kasus sebab ini cukup mudah, yaitu seperti yang sudah dijelaskan di atas.

2. Install Aplikasi yang Tidak Terpercaya

Sebab selanjutnya adalah karena bawaan dari sebuah aplikasi. Biasanya aplikasi abal-abal akan memaksa teman-teman untuk mengizinkan sistem laptop atau komputer teman-teman untuk dapat menerima iklan-iklan yang disesiakan oleh aplikasi tersebut.

Lebih lanjut, kadang iklan tersebut justru datang dari aplikasi yang tanpa teman-teman sadari terpasang di laptop teman-teman. Hal ini mungkin terjadi karena ada aplikasi yang tanpa kita sadari menawarkan untuk meng install aplikasi lain yang tidak kita kehendaki.

Solusinya tentu dengan men-uninstall aplikasi yang tidak teman-teman inginkan. Bisa menggunakan aplikasi Revo Uninstaller supaya proses uninstall nya menyeluruh.

3. Virus

Penyebab lain adalah adanya virus. Virus bisa datang dari mana saja, seperti dari aplikasi bajakan atau dari internet (terkadang kita tidak sadar telah men download virus).

Untuk mengatasi masalah ini tentunya dengan bantuan antivirus. Gunakanlah antivirus yang asli dan berlisensi, lalu lakukan proses scanning menyeluruh pada laptop atau komputer teman-teman. Namun, apabila virus sudah menyebar terlalu parah, teman-teman bisa coba dengan cara praktis, yaitu melakukan install ulang windows pada laptop teman-teman.

Begitulah pembahasan dari Maksil mengenai sebab munculnya iklan serta cara menghilangkan iklan di laptop. Semoga artikel ini membantu teman-teman ya!

Selamat mencoba!

 

3 Replies to “Cara Menghilangkan Iklan di Laptop”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *