web analytics

Cara Mengembalikan File yang Terkena Virus di Laptop

2 min read

Cara Mengembalikan File Yang Terkena Virus Di Laptop

Bagaimana cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop?

Kasus kehilangan file yang disimpan dalam sistem penyimpanan internal laptop sering juga terjadi. Biasanya disebabkan karena adanya infeksi dari virus di dalamnya.

Proses terjadinya berlaku dengan perubahan jenis file yang disimpan. Ketika hendak membuka tidak bisa, mengubahnya juga tidak bisa dilakukan.

Perlu kemudian mengetahui terkait cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop

1. Pasang Antivirus untuk Mengembalikan File yang Hilang

Cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop paling banyak digunakan yaitu dengan memasang antivirus.

Saat ini sudah banyak sekali jenis beredar di pasaran, ada yang gratis ataupun berbayar. Tentunya direkomendasikan memilih pro atau premium, karena sistemnya dianggap lebih ampuh.

Pilih dan pasang jenis yang paling bisa diandalkan menurut versi masing-masing orang. Penggunaannya sangat mudah untuk dilakukan.

Satu catatan penting untuk selalu diingat, bahwa agar hasilnya maksimal, selalu usahakan masuk pada safe mode.

Selain itu juga bisa kemudian bersamaan mengaktifkan deep scan, agar menjadi lebih maksimal lagi.

Tentunya, penggunaan antivirus pada laptop teman-teman juga berguna untuk menghilangkan virus di laptop.

2. Menonaktifkan Hide Extensions dan Membuka Bagian Hidden Folder

Tentunya untuk mengetahui file mana yang sudah terinfeksi virus, menjadi awal untuk memperbaiki kerusakan di dalamnya. Melakukan penonaktifan Hide extensions, menjadi salah satu cara agar mengatasi masalah file hilang secara tiba-tiba.

Namun, sebenarnya fungsi utamanya hanya untuk memberikan kemudahan dalam melacak bagian yang sudah terinfeksi.

Akan banyak ditemukan dokumen tersembunyi, kemudian juga terdapat sebuah tipe tidak dikenali oleh program laptop. Ketika itu terjadi, bisa kemudian menerapkannya.

Caranya cukup dengan masuk pada bagian control panel, kemudian dari situ masuk pada folders option serta bagian view.  Ketika semua sudah selesai, langkah terakhir untuk diterapkan yaitu mengklik tombol OK.

3. Terapkan Sistem Restore

Cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop selain beberapa rekomendasi sebelumnya, menerapkan sistem restore bisa jadi alternatif.

Untuk itu pastikan bahwa memiliki program restore point sebelum melakukannya. Secara otomatis Windows akan melakukan pendeteksian terhadap keseluruhan file yang tersimpan.

Sebelum menerapkannya ada beberapa keadaan perlu untuk dipahami, bahwa penerapan pembuatan restore point dilakukan sebelum virus menginfeksi, hasil dari deteksi yang dilakukan oleh Windows akan dikembalikan pada keadaan semua sebelum terjangkit.

Namun jika tidak demikian, maka perlu menerapkan beberapa langkah seperti masuk control panel, recovery, ikuti instruksi sampai selesai.

4. Melakukan Perbaikan Pada Host File dan Juga Pengecekan

Virus yang berdampak pada hilangnya beberapa file, biasanya juga akan menyerang sistem utama dari Windows. Selain itu pada bagian host file biasanya akan muncul cikal bakalnya.

Jika ini terjadi, tentu harus segera ditindak lanjuti. Di sinilah kemudian dibutuhkan untuk menghapus beberapa bagian file tersimpan pada sistem agar tidak hilang.

Bagaimana untuk menerapkan cara ini? prosesnya tidak rumit dan mudah untuk diikuti.

  1. Pertama cukup masuk pada driver set hosts.
  2. Setelah itu dilanjutkan dengan membuka file dengan keterangan “hosts”, lakukan menggunakan bantuan notepad.
  3. Selanjutnya lanjutkan penghapusan pada bagian dengan keterangan diawali tanda tagar (#).
  4. Setelah itu tunggu prosesnya sampai semua telah selesai.

5. Melakukan Pengecekan Sistem Folder

Ketika banyak file hilang dan terdapat sebuah virus menginfeksinya, tentu akan sangat mengganggu bagi pengguna, terlebih itu data penting.

Terdapat banyak sekali cara untuk menanganinya, pengecekan sistem folder juga masuk di dalamnya.

Prosesnya bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa anjuran atau instruksi terkait, agar lebih mudah serta efektif.

Untuk menghilangkan sarang virusnya diperlukanlah pemulihan. Pertama, untuk diterapkan yaitu melakukan klik bersamaan tombol Windows + R.

Setelah itu selesai, lanjutkan masukan kode. Apabila muncul file tidak terhapus, ulangi lagi. Namun bedanya kali ini di tambah dengan menekan CTRL+F. Saat menemukannya, langsung lakukan penghapusan.

Itulah beberapa cara mengembalikan file yang terkena virus di laptop dari Maksil. Tentunya masih banyak lagi upaya alternatif bisa dilakukan untuk menangani masalah tersebut.

Kesemuanya tentu disesuaikan dengan kenyamanan pilihan dan penerapannya. Penting untuk diingat yaitu segera dilakukan tindak lanjut ketika telah menyadari keadaan tersebut, agar tidak menjadi lebih buruk lagi.

Selamat mencoba!

One Reply to “Cara Mengembalikan File yang Terkena Virus di Laptop”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *