web analytics

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

3 min read

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang memberikan banyak manfaat untuk masyarakat. Manfaat tersebut sangat dirasakan oleh mahasiswa, dosen, maupun tenaga pengajar lainnya.

Namun ternyata alat elektronik berupa laptop ini juga mengalami beberapa masalah seperti lemot.

Bukan hanya laptop menjadi lemot, namun juga adanya tampilan not responding yakni tampilan putih blur. Dengan adanya tampilan seperti ini membuat laptop tidak dapat dioperasikan dengan lancar dan harus menunggu hingga laptop kembali responding.

Hal tersebut memang sangat menyebalkan bagi seseorang apalagi dalam kondisi buru-buru.

Cara Membersihkan Komputer Agar Tidak Lemot

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa komputer juga mengalami lemot yang diakibatkan oleh beberapa hal. Contohnya diakibatkan karena banyaknya sampah komputer yang sangat jarang untuk dibersihkan bagi para pengguna komputer. Untuk mengatasi masalah sampah yang menumpuk sebenarnya bisa diatasi melalui beberapa cara membersihkan sampah di laptop.

Namun, pada artikel kali ini, maksil.com akan lebih membahas mengenai cara membersihkan komputer agar tidak lemot. Penjelasannya dalam paparan berikut ini:

1. Membersihkan dari Virus Shortcut

Cara membuat komputer tidak lemot adalah dengan membersihkan komputer dari berbagai virus shortcut. Adanya virus shortcut ini tentu membahayakan bagi file komputer maupun sistem operasi yang akan digunakan oleh pengguna. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan virus shortcut tersebut adalah menggunakan aplikasi antivirus.

Meskipun menggunakan aplikasi anti virus, sangat banyak ditemui jika virus ini tidak bisa terdeteksi. Untuk mengatasi hal tersebut, teman-teman perlu menghapus dengan cara yang manual sehingga bisa mendeteksi virus yang ada.

Caranya cukup mencari filenya di memori penyimpanan yang biasanya memiliki ekstensi .ink dan langsung hapus file tersebut.

2. Membersihkan Komputer dari Malware

Cara agar laptop tidak lemot dari berbagai sampah yang ada adalah dengan membersihkan komputer dari malware. Perlu diketahui bahwasanya malware ini berbeda dengan virus yang ada di dalam laptop.

Meskipun berbeda, namun adanya malware ini membuat laptop sering not responding dan lemot pada saat digunakan atau dioperasikan.

Adapun cara mengatasi laptop lemot windows 10 dengan membersihkan malware pada laptop adalah sering membersihkan temporary file.

Apabila cara ini tidak berhasil, kalian bisa menggunakan cara lain yakni melakukan scanning secara keseluruhan pada laptop. Scanning yang dilakukan ini bisa menggunakan aplikasi antivirus dan menjalankan laptop dalam Safe Mode.

Aplikasi yang Bisa Digunakan Agar Laptop Tidak Lemot

Untuk mengatasi masalah lemot yang terjadi pada laptop bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sangat bermanfaat utamanya Windows 10. Dimana windows ini termasuk windows terbaru yang dapat digunakan pada laptop.

Maka dari itu, berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop lemot Windows 10 melalui beberapa aplikasi terbaik.

1. Aplikasi CCleaner

Salah satu Aplikasi yang dapat digunakan adalah CCleaner. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur sederhana yang juga mudah untuk dimengerti.

Untuk menggunakan aplikasi ini sebaiknya menggunakan versi berbayar agar dapat menggunakan semua fiturnya. Seperti mengoptimalisasi registry yang terdapat pada laptop dan dapat pula membersihkan file sampah laptop. Bukan hanya itu saja, dapat pula mengoptimalkan ruang penyimpanan dan dapat memanajemen service sistem operasi.

Browser plugin pun dapat dioptimalisasi melalui aplikasi pembersih yang satu ini sehingga Browser dapat dijalankan secara lancar.

Namun, apabila teman-teman hanya ingin yang gratis, versi free dari CCleaner pun sebenarnya sudah cukup.

2. Aplikasi iolo System Mechanic

Salah satu software yang sudah dihadirkan dan digunakan sejak tahun 1998 membuat software ini mendapat penghargaan di tahun 2017. Selain itu, menurut recview pcmag, software ini dapat melakukan optimalisasi pada sistem. Berbagai fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini membuat pengguna puas menggunakannya.

Fitur yang terdapat pada aplikasi agar laptop tidak lemot yang satu ini antara lain Boost Speed, Removes Bloatware, dan lain sebagainya.

Fungsi dari fitur boost speed adalah dapat memberikan optimalisasi real time pada pengguna prosesor dan juga RAM. Lain halnya dengan removes bloatware yang berfungsi mendukung aksesibilitas pengguna.

3. Aplikasi IObit Advanced SystemCare

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi IObit Advanced SystemCare yang juga dapat dimanfaatkan untuk mempercepat kinerja laptop. Selain itu, aplikasi pembersih yang satu ini bisa digunakan di berbagai Windows sepert Windows 10 maupun Windowa XP.

Aplikasi in memiliki 3 fitur utama yang melindungi laptop agar tidak lemot.

Fitur yang dimaksud seperti fitur Cleaner & Smoother PC yang akan digunakan untuk membersihkan laptop secara instant. Selain itu, ada pula fitur Faster PC & Online Surfing untuk membuat komputer dapat berjalan lebih cepat. Real-time Protecting & Monitoring pun menjadi fitur yang dapat mendeteksi software berbahaya pada laptop.

4. Aplikasi Advanced System Optimizer

Aplikasi Advenced System Optimizer juga termasuk dalam kategori software pemercepat kinerja komputer. Software ini sudah digunakan sejak tahun 1999 dan hingga kini sudah memiliki 5 jenis optimalisasi.

Adapun fitur yang dimaksud yakni fitur System Cleaner yang berfungsi untuk membersihkan file sampah yang terdapat pada komputer.

Game Optimizer juga termasuk fitur dari aplikasi ini yang dapat mengalihkan komputer menjadi game konsol. Ada pula fitur Driver Update yang memiliki fungsi untuk menjaga komponen driver komputer sehingga dapat berjalan dengan lancar.

System protector dan Disk Optimizer pun dijadikan sebagai fitur yang dapat menjaga komputer dari malware.

5. Aplikasi The PC Decrapifier dan Glary Utilities

Aplikasi yang sudah dihadirkan sejak tahun 2007 ini memberikan dukungan penuh untuk mempercepat kinerja bagi komputer.

Software yang satu ini sudah di dukung dengan komunitas PC sehingga dapat memecahkan berbagai masalah yang ada pada sistem komputer. Dengan begitu pengoperasian sistem komputer dapat berjalan dengan baik.

Berbagai tools yang terdapat pada aplikasi ini mampu mengoptimalkan kinerja laptop pada saat dijalankan. Selain itu, aplikasi ini pun sudah dipercaya oleh banyak pengguna karena terbukti handal dari sudut pandang pengguna.

6. Aplikasi Sysmantec Norton Utilities dan System Cleaner

Aplikasi Sysmantc Norton Utilities juga memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi lainnya dalam mengatasi komputer yang lemot.

Berbagai fitur yang telah dihadirkan oleh fitur yang satu ini seperti performance, privacy, maupun recovery. Semua fitur tersebut memiliki tujuan yang sama yakni membasmi virus dan malware yang terdapat pada komputer.

Sedangkan aplikasi System Cleaner termasuk dalam kategori aplikasi pemercepat komputer yang berdiri pada tahun 1996. Aplikasi ini sudah dipercaya banyak orang untuk digunakan dan menyediakan sebanyak 24 tools untuk mengoptimalkan komputer.

Selain itu, software ini pun ditawarkan untuk pengguna secara gratis tanpa berbayar sehingga bisa didownload secara gratis.

Itulah beberapa paparan lengkap mengenai cara mengatasi laptop lemot Windows 10 yang termasuk Windows baru untuk komputer.

Memang windows yang satu ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki kinerja yang baik dibanding windows lainnya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *