web analytics

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak

2 min read

Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak

Bagaimana cara memperbaiki kartu SD yang rusak? Pastinya semua orang akan kesal dan menjadi panik ketika kartu SD tiba-tiba menjadi tidak bisa terbaca. Padahal dalam kartu SD tersebut terdapat banyak file penting seperti foto, musik, dan dokumen lainnya.

Smartphone modern sendiri saat ini sudah memiliki memori internal yang cukup besar setidaknya untuk kelas mid end hingga high end.

Namun risiko kerusakan kartu SD memang tidak dapat kita hindari karena rusaknya bisa tanpa kita duga-duga. Maka dari itu ada baiknya untuk melakukan back up rutin entah itu beberapa minggu sekali atau satu bulan sekali.

Dengan demikian ketika ada satu kartu SD yang tiba-tiba tidak terbaca maka kalian sudah punya back up nya. Nah, jika teman-teman sedang mengalami kartu SD yang tidak mau terbaca lagi maka jangan langsung panik ya!

Pada kesempatan kali ini Maksil akan mengupas bagaimana Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak. Sebab memang masih ada harapan kartu SD tersebut bisa betul kembali.

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Rusak dengan Mudah

1. Pindahkan kartu SD ke ponsel lainnya

Kita tidak tahu pasti apakah kartu SD itu sudah benar-benar rusak atau justru error dari ponselnya. Maka dari itu langkah pertama yang dapat teman-teman coba yaitu dengan mencopot kartu SD tersebut dan kemudian memasang kembali ke ponsel lainnya.

Lihat apakah kartu SD berhasil terdeteksi. Jika iya maka bisa jadi terjadi error pada smartphone sebelumnya. Kalian bisa melakukan restart atau install ulang dan kemudian mencobanya kembali.

Namun jika sudah dipindah ke smartphone lain tetapi masih belum bisa ternaca maka silahkan coba cara lain berikut ini.

2. Bersihkan Lempengan Tembaga Kartu SD

Dari dahulu hingga sekarang komponen lempengan tembaga yang berwarna kuning ini memang selalu paling bermasalah. Mulai dari mesin konsol nintendo hingga RAM PC atau laptop semuanya masih menggunakan lempengan tembaga ini.

Lempengan Tembaga Kartu SD
Lempengan Tembaga Kartu SD

Begitu juga dengan kartu SD yang memiliki lempengan tembaga. Apabila kotor maka biasanya menjadi tidak terbaca yang seolah-olah sudah rusak.

Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkannya dahulu dengan penghapus pensil. Gosok penghapus pensil ke lempengan tembaga secara perlahan dan berulang hingga menjadi bersih kembali.

Cara ini diklaim ampuh untuk perangkat seperti kartu SD yang menggunakan lempengan tembaga. Setelah bersih kalian bisa memasangnya kembali ke smartphone dan langsung mencoba apakah sudah berhasil terdeteksi atau belum.

3. Format ulang

Dengan melakukan format ulang berarti semua data yang ada di kartu SD akan terhapus semua. Cara ini bisa anda lakukan jika sudah melakukan kedua hal tadi namun masih belum berhasil terbaca juga.

Meskipun data terhapus namun jika cara ini berhasil maka anda tidak perlu membeli kartu SD yang baru karena sudah bisa kembali berfungsi.

Sebetulnya, kalian bisa mengembalikan file yang sudah terhapus. Simak caranya di artikel Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android.

Nah, untuk melakukan format ulang kartu SD dari HP sebenarnya sangat mudah.

  1. Pertama silahkan hubungkan dahulu kartu SD ke slot HP Android yang kalian gunakan saat ini.
  2. Setelah itu masuk ke menu pengaturan atau settings.
  3. Lalu pilih storage.
  4. Pilih portable storage dan pilih kartu SD.
  5. Selanjutnya pilih menu Storage settings -> Format -> Erase & format.
  6. Akan muncul pesan pop up sebagai konfirmasi bahwa setelah ini file dalam kartu SD akan terhapus semua, klik OK untuk melakukannya.
  7. Tunggu prosesnya hingga selesai, dan jika sudah anda bisa kembali cek kartu SD yang telah di format ulang.

Cobalah untuk menyimpan beberapa file lagi, jika berhasil maka kartu SD telah berfungsi normal kembali.

Nah teman-teman, itulah tadi beberapa cara memperbaiki kartu SD yang rusak. share artikel ini ke teman-teman kalian jika menurut kalian artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *